Pengalaman belajar di Elfast Kampung Inggris Pare

Elfast,

1. Ruangan bersih dgn sejumlah kipas di dinding. Anda tdk perlu mungut sampah, tarik2 karpet, angkat n susun meja di sudut ruangan. Harga kira kira 50% dari titiknol.

2. Camp; bersih nyaman pake ranjang susun bukan kasur busa desak2an mirip korban banjir

3. Sayangnya tutornya baperan, suatu malam hujan, ada siswa bukan anak2 lumayan dewasa telat lbh dari 15 menit. Tutor suruh keluar atau dia tdk mau ngajar.

Oke disiplin perlu untuk kesuksesan siswa, tapi liat dulu, ini siswa setiap hari berulah atau krn kondisi cuaca sampe telat?..

Lagipula, ini kursus ut org dewasa bukan kelas fun untuk beginner.

Memperlakukan orang dewasa tdk boleh seperti tegas pada remaja.

Saya cukup sedih melihat mbak mbak diusir dengan teguran, meski tdk ada caci maki tapi tetap berlebihan.

Lagi pula, belio, pak tutor dgn jidat hitam bekas sujud tanda mustinya lebih bijaksana dan mengayomi sebagai guru.

Pengalaman buruk Kursus di Titik Nol Kampung Inggris Pare,

Saya akan bagi dalam 2 sisi. Keunggulan dan kekurangan.

Kekurangan :

1. Kelas pre ielts: sebelum masuk ada placement test. Saya setuju itu perlu ut mengukur kesiapan skill siswa. Tapi yg tdk enakin ketika waktunya asessment one on one dgn tutor. Sikap salah satu tutor mas2 yg konon ieltsnya 7 entahlah, tdk ramah dan cenderung sinis. Tdk memperlakukan siswa sbg klien yg membayar jasa.

Kesan yg sy dpt adalah semua siswa diperlakukan seperti anak opspek. Mereka tdk melihat siswa datang yang fresh graduate atau sdh bekerja.

2. Uang kursus harus dibayar sebelum placement test. Ini sy sebut agak curang. 2 bulan setelah nya sy temukan college yang memberikan placement sebelum pembayaran biaya kursus. Jadi siswa bisa memilih lanjut di kursus tersebut atau mundur dan cari college lain. Dalam kasus saya, placement test ke ielts tdk lulus saya tdk bisa tarik uang kursus tapi harus MASUK di kelas lain di titik nol.

3. Admin cenderung abai dan kurang simpatik dgn kami yg hanya siswa opspek.. (saya minta pindah kelas tdk boleh dan tdk bisa tarik uang, sy merasa terjebak)

Teman saya minta pengajuan postpone, dari 4 paket level yg dia ambil, pada bulan ke 3/level 3 ingin tunda 1 bulan. Ini dipersulit, tdk simpatik, tdk ada kesan support kebutuhan siswa sampai harus negosiasi alot. Tapi akhirnya berhasil.

Untuk kasus saya, setelah melihat type karakter teman2 di kelas dr group wa ketika sy diinvite malam itu (yg terpaksa saya ambil krn downgrade dr ielts) mrk rata2 fresh graduate sesuai usianya, becanda ala anak sekolah. ..

Sy segera minta pindah ke kelas lain yg mana sy telah bersamΓ 2 ketika persiapan pre test, karakter mrk adalah dewasa dan org2 sdh kerja. Admin menolak dengan dingin. Alasannya susah pindahin, bla bla.

Mari kita analisa dmn letak masalahnya jika ada 1-2 org siswa minta pindah kelas atau post pone

– kelas tdk membutuhkan peralatan yg akan dipakai per siswa shg jumlah siswa dan alat hrs sinkron. Ini bukan praktet seperti laboratorium mesin otomotif atau kesehatan.

– kelas hanya sebuah ruangan sederhana dan kipas angin, tdk ada bangku yg perlu disesuaikan jumlah siswa

Pengalaman buruk akibat kelasku bergabung dgn siswa yg masih kekanak2an adalah becanda yg tidak sopan. Itu sy peroleh dari salah satu siswa yg agak barbar, cewe dari salah satu kabupaten. Mungkin beda etikanya krn anak ini belum pernah bekerja, belum dewasa dalam bersikap di masyarakat.

3. Siswa harus menyusun meja kecil setiap selesai kelas, merapikan karpet tua yg menggulung2, memungut sampah dan sayangnya tdk ada keranjang sampah di kelas. Jika tdk, kepala kost akan membuat komplain. Sy merasa titik nol memperlakukan siswa seperti anak anak. Kami bayar, 900rb ut 1 bulan, titik nol tidak bisa sediakan tenaga kebersihan?

Ruangan kelas adalah rumah warga yang disewa, karpet tua yang sudah tipis, tdk pernah divacum tentunya, jika anda alergi debu, duduk di karpet bukan di kursi, akan lumayan reaksinya dihidung. Dan anda masih hrs pungut sampah, tarik rapikan karpet yg bergeser, dan susun meja meja di sudut ruangan setiap hari.

4. Camp; camp adalah kost an 1 kamar ber 3 bahkan ber 4 . Hingga kasur busa sebelah2 mu menempel memenuhi semua ruangan. 1 kamar sempit di isi 4 orang, dgn kipas angin. biaya 1 orang adalah 250rb x4 = 1 juta sebulan.

Kost di jakarta, kamar ac 2 jt se bulan kamar mandi dalam, full furnish, di sini, pare, anda bayar 1 jt ber 4, kasur busa tua sederhana, himpit2an, seperti korban banjir, ditambah panasnya udara pare.

Bisnis memang profit oriented tapi bisnis ada etikanya.

Kelebihan :

1. Dapat kaos enak dipake ;

2. Tutornya lbh ramah drpd admin

3. Depannya ada penjual es kelapa. Beli pake voucher dari titik nol

4. Dapat 1 voucher laundry

5. Tutornya baik baik kecuali mas mas yg tinggi hati waktu assesment.

Pare..tempat orang menertawakan harga makanan di Jakarta

Dimulai dari sebuah ungkapan populer- yang kira kira berbunyi- “Yogjakarta tempat orang menertawakan kehidupan orang Jakarta” ~ (cmiiw); macet, injak2an sepatu di krl, rebutan bus dan segala kerumitan khas jakarta termasuk tentu saja banjeerrr), thus bersahut setimpal tak mau kalah, Jakartans membalas dengan ledekan yg manis dan sedikit syombong khas Jakartans- ……..Jakarta tempat orang menertawakan umr Yogja (3.8 juta vs 1.8jt), kali ini dengan niat mulia saya sengaja nambahin bahan keributan ini dengan sebuah fakta; “Pare, tempat orang menertawakan harga makanan di Jakarta…… 😁😁😁😁, begini ceritanya;

Hari pertama di Pare,

Makan nasi 1, ayam gule dgn potongan lumayan gede, sayur = 8ribu, we o we!! Langsung poto n kirim ke wa teman, upload di medsos,

Hari ke sekian di Pare; makan Es isi aneka buah, alpukat, melon, semangka, susu kental manis alias pemanis rasa susu, 4ribu. Cekrekk!! Send!!

Lalu suatu sore (afternoon standard bule) abis magrib jalan ama teman, cari makan sebelum kelas, lewat depan Lumbung Cafe – sebuah cafe dgn arsitektur eropa, 2 lantai dgn indoor dan outdoor area dan love music, jl kemuning), dari sebuah banner di tepi jalan, terbaca promo menu 10rb nasi chicket katsu es teh, we o we!! Sebenarnya kurang yakin, apa yang bisa diberikan sebuah cafe dengan menu komplit hanya seharga 10rb, tapi karena terimpresi oleh merduanya suara penyanyi dan petikan gitarnya, ditambah lagi suasana sore itu masih sepi- hanya ada 2 tamu seorang ibu dan anaknya usia sekitar 7 tahun- oke..mari kita bertaruh dengan 10ribu, ..andaikata zonk..cuma 10rb ini… dan… kejutan berikutnya di Pare adalah.. makanan tersaji dengan tampilan menarik, dengan potongan ayam lumayan gede, es teh manis yang segar, its make my day, Our day..i meant. Sayangnya hanya dalam hitungan menit, satu persatu pasukan sepeda datang hingga terbentuk beberapa group di area, bukan karena anti social kok, cuman ada bedanya, tadi serasa private dinner dengan wifi kencang tiba tiba melambat wkwkwk, rame dan suara suara, dari cafe menjadi food court wkwkwkwk. Untungnya; sang pelantun yang suaranya bikin iri, masih tetap istiqomah dengan petikan gitarnya yang ndess dan lagu lagunya yang membawa suasana serasa di cafe dengan harga segelas juice 30rban sebelum pajak.. 😁. Untuk ini saya merasa sangat beruntung!!

Bonbin wedangan, kalo ini semua warga Pare, terutama anak muda penuntut ilmu bahasa inggris di pare pasti tau, tempat yang lapang, makanan murah, wifi terakhir ke sana lagi gangguan- beda dengan lumbung cafe yang tadi, wifinya kencang, paswordnya sssttttt ..happynewyear@#$% 🀣🀣 bedanya ..bonbin lebih barbar keramaiannya, lumbung cafe lbh elegant, di sana tidak ada yang ngobrol sampe jerit jerit seperti di bonbin- karena ini saya duga bonbin asal kata dari kebon binatang- , turut bersimpati bagi anak camp elfast yang kamarnya sepanjang bonbin di malam minggu yang cerah- solusinya tidak ada!!! Kecuali jalan satu satunya, daripada berusaha tidur di kamar mending menyatu ke bonbin 🀣🀣🀣 dan ikut berkontribusi dalam keributan itu..yasss!!!

Selain makanan lezat yang murah murah, warga asli pare terutama ibu2 warung nasi sangat ramah dan murah hati. Sering kali karena tidak ada kembalian, boleh saja pergi dulu nanti kapan kapan singgah mbayar.. waktu pertama kali makan es buah, karena doyan kacang tanah goreng (sok diet mediterania) saya minta tambahan topping kacang yang mustinya untuk rujak cingur- lumayan banyak sampe nambah 3x karena teman yang gak mau makan es buah malah nungguin sambil ngemil kacang, pas mau bayar, harga kacangnya tidak di charge, tetap 4ribu. Gak usah kata si ibunya, tapi namanya tau diri coyy, tetap kita bayar jadi 7ribu apa 6ribu..lupa hehe

Nah..itu kisah recehan, pengalaman stay di Pare selama masa masa belajar bahasa inggris,.. ntar saya share lagi soal kursus kursus di Pare, plus minusnya, yang keknya banyak yang butuh, sebagai bahan pertimbangan untuk memilih lembaga, ..

Dan cerita dari pengalaman sendiri serta teman teman soal bagaimana memilih aneka program yang sesuai dan perlu untuk mengisi bolong2 dalam skill englishmu, .. stay tune.. kalo lagi rajin saya akan sering posting yakk!!! SALAM~ PARE BAiKK!! (#di pare ada ungkapan pare jahat, ntah asal usulnya bagaimana, menurut sebagian sumber bermula dari kekecewaan siswa yang ikut program, tidak sebanding dengan kualitas yang diharapkan), sabar yakk, tema ini akan kita bahas juga, ntar!! See youu! Salam ~pare baikk!!

Create your website with WordPress.com
Get started